Rabu, 04 Desember 2013

Selayang pandang Kota Jabon


 
SELAYANG PANDANG
KELOMPOK  TA’AWUN 
JARINGAN BERBASIS ONLINE
( KOTA JABON )

Memasuki abad ke 21 bangsa Indonesia banyak dihadapkan pada berbagai gejolak – baik gejolak politik, ekonomi, maupun sosial – yang menjadikan bangsa ini mengalami erosi kebangsaan dan keterpurukan ekonomi yang amat berat. Sehingga saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan sentuhan – sentuhan rasa kemanusiaan dan persatuan anak bangsanya sendiri. Dan kebutuhan akan sangat sulit dipenuhi seandainya kaum muslimin Indonesia yang mayoritas menempati wilayahnya meninggalkan prinsip – prinsip perekat stabilitas  sosial yang diajarkan Rasulullah Saw, yaitu ajaran mengenai persaudaraan ( ukhuwah ) dan kebersamaan.

Pengalaman buruk yang sangat memprihatinkan tersebut   di atas mendorong terbentuknya gagasan dari beberapa jema’ah pengajian keliling di Bandung untuk saling mendekat dan bergandengan tangan setulus hati serta menyatukan pikiran dan langkah kolektif yang sinergis (ta’awun ) guna memberikan jawaban konkrit atas tuntutan kebutuhan bangsa tersebut. Pernyatakan kolektif tersebut diberi nama Jema’ah Ta’awun atau Kelompok Ta’awun.

Sejak menyatakan diri adanya Jema’ah Ta’awun pada tanggal 9 Desember 1999, beberapa Tokoh dan ulama terkemuka di Jawa Barat, seperti :
Prof. DR.KH.Rusyad Nurdin ( Persis )  ; KH. Hambali Ahmad ( Muhammadiyah ) ,   KH. Totoh Abdul Fatah ( Nahdatul Ulama ) ; Drs.KH.Miftah Faridl (Majelis Ulama Indonesia ), dan beberapa Tokoh Akademis di antaranya  Prof.DR.Drs.H.Tb.Hasanuddin,MSc.Ak . ( UNPAS ) dan  DR. Hidayat Salim,MSc. (UNPAD)  berhidmat sepenuh hati untuk mendorong kegiatan Jema'ah Ta'awun  serta menumbuhkan partisipasi kaum muslimin khususnya di wilayah Jawa Barat dalam memecahkan masalah- masalah bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kami sangat simpati pada Anda , bila Anda merespon blog ini
Terima Kasih
Kota Jabon